Memperingati Hari Pahlawan Nasional “KARTINI DAY”

kartini day kartini day2Tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini.  R.A Kartini, pahlawan nasional yang memperjuangkan emansipasi wanita dan kesetaraan gender. Dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang (Door Duisternis Tot Licht), Kartini berjuang agar wanita mendapatkan persamaan hak dalam berbagai ranah kehidupan, khususnya pendidikan dan harus tetap menjunjung tinggi kodrat kewanitaannya.

Dan kini, entah siapa yang memulai dulu, Hari Kartini selalu diperingati dengan simbol-simbol kewanitaan, seperti pakaian baju daerah, parade baju daerah, lomba memasak, lomba busana, lomba merias. Hari Kartini hampir identik dengan pakaian daerah. Apalagi di sekolah-sekolah, dan kini merambah di perkantoran. Peringatan Hari Kartini hanya terbatas pada seremoni, tanpa menyentuh aspek substansi tentang makna emansipasi wanita.

Senin, 21 april 2014 merupakan hari bersejarah juga untuk adik-adik YSP yang masih duduk di bangku sekolah dasar karena di sekolah mereka di adakan “Kartini Day”. Mereka terlihat bahagia karena moment ini hanya di adakan sekali dalam setahun.

Berbagai persiapan pun di lakukan untuk menyambut hari ini, di mulai dari berpakaian adat, bermake up ria dan persiapan fisik. Setelah adzan shubuh berkumandang dan mereka melakukan sholat shubuh berjama’ah abah pun menjelaskan apa itu makna dari hari kartini, tujuan dan manfaat diadakan kegiatan tersebut.

“Kita memang harus memperingati hari kartini tetapi jangan lupa untuk memberi tahukan makna dan tujuan di adakan hari tersebut, karena terkadang sekolah tidak menyampaikan secara detail bahkan mereka tidak menjelaskan makna kartini kepada para siswa tetapi mereka hanya ikut meramaikan”, tutur Kak Iman yang merupakan Abah pondok YSP.

187 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*