Asyiknya Belajar Bercocok Tanam

942207_607618975965359_1672397431_nBekasi – Kota merupakan kawasan pemukiman yang secara fisik ditunjukkan oleh kumpulan rumah-rumah yang mendominasi tata ruangnya dan memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kehidupan warganya secara mandiri.

Hidroponik merupakan metode bercocok tanam atau budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah, melainkan dengan menggunakan media selain tanah seperti sabut kelapa, serat mineral, pasir, pecahan batu bata, serbuk kayu, dan lain-lain sebagai pengganti media tanah. Pada media tersebut di larutkan nutrisi hidroponik yang merupakan campuran bahan kimia yang mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman hidroponik.

hidroponikKota Bekasi merupakan salah satu kota besar yang ada di pinggiran kota Jakarta. Seperti halnya kehidupan di kota besar lain, pesatnya perkembangan penduduk menyebabkan banyak sekali rumah penduduk yang  tidak memiliki lahan untuk bercocok tanam atau kebun keluarga di rumah. Sedangkan kebutuhan pokok dan makanan semakin hari semakin meningkat.

Pondok Yatim Seribu Pulau (YSP) berada di tengah-tengah kota Bekasi yang padat penduduknya, sehingga anak-anak di YSP tidak memiliki lahan untuk bermain dan berkreasi. Menyikapi hal itu Kak Iman Surahman sebagai ayah dari 15 anak di pondok tersebut, yang mengetahui betapa bermanfaatnya hidroponik di kehidupan masyarakat kota besar mengajarkan anak-anaknya untuk bercocok tanam dirumah dengan memakai hidroponik, banyak tanaman sayuran yang mereka tanam dan bisa di petik. Hidroponik ini selain bermanfaat untuk membantu mengurangi kebutuhan dapur juga bisa membuat anak-anak YSP bermain sambil belajar dengan menyenangkan.

“Senang banget punya tanaman hidroponik di rumah, jadinya kita bisa belajar menanam tanaman terus bisa makan sendiri, kan rasanya beda kalau makan hasil menanam sendiri, ” kata Anisah salah satu anak YSP.

203 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*